Situs jejaring sosial seperti facebook sudah menjadi semacam wabah tidak hanya bagi remaja tetapi juga orang dewasa seperti Anda. Bahkan, situs yang dibuat oleh mahasiswa Harvard ini, memicu kontroversi di Indonesia. Yaitu dengan munculnya wacana untuk mengharamkannya.

Alasanya karena Facebook dapat memicu perselingkuhan. Benarkah demikian? Menurut Nancy Kalish, seorang psikolog dan penulis buku “Lost & Found Lovers: Facts and Fantasies of Rekindled Romance”, Facebook memang mempermudah seseorang yang sudah lama tidak bertemu. Mungkin, untuk mereka yang benar-benar belum memiliki pasangan, memang tidak menutup kemungkinan dengan situs jejaring social ini pula, banyak yg menemukan pacar baru atau cinta sejati bahkan jodohnya.

Kalish mengatakan, sebagian orang memang masih penasaran dengan cinta masa lalu. Melalui Facebook, orang-orang dengan mudah bertemu dengan teman atau pacar lama, dan bisa membuat hubungan menjadi lebih dekat baik secara fisik maupun emosi.

Untuk menghindari perselingkuhan melalui Facebook atau situs jejaring sosial lainnya menurut Kalish caranya cukup sederhana. Perkawinan yang bahagia, atau pacaran yg serasi, tidak cukup untuk menghindari perselingkuhan di dunia maya, baik melalui Facebook, MySpace dan masih banyak lagi situs jejaring lainnya.

“Jika seseorang memiliki hubungan serius, baik masih berpacaran, sudah bertunangan atau menikah, jangan mencoba-coba untuk mencari atau bahkan mengontak mantan pacar atau cinta masa lalu hanya untuk menjawab rasa penasaran,” kata Kalish.

Cobalah untuk berpikir lebih logis dan mengerti bagaimana perasaan pasangan jika mengetahui Anda berhubungan dengan mantan pacar meskipun hanya di dunia maya. Jangan memanjakan rasa penasaran Anda, karena bisa berujung pada konflik berkepanjangan.

Tentu saja, akar penyebab pertengkaran, perpisahan atau bahkan perceraian bukan situs jejaring sosial. Situs tersebut hanya semacam alat untuk mempermudah mencari orang-orang yang sudah lama tidak bertemu dan berpotensi memunculkan hubungan lagi.

Baik melalui chatting, e-mail, maupun saling mengirim pesan melalui Facebook, memang dapat memicu perselingkuhan. Untuk itu sebaiknya hindari kontak dengan orang-orang dari masa lalu Anda yang bisa memunculkan rasa penasaran,
Karena dari hal penasaran itulah, munculnya benih-benih perselingkuhan.

So, Guyz….
Pikirkan kembali, apa yang menjadi tujuan anda bermain di dunia maya…!!!